PENERAPAN MODEL ANTRIAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PELAYANAN DI PT. SUMBER INDAH PERKASA

Authors

  • M Irfan Cendikiawan Sekolah Tinggi Teknologi Nusantara Lampung
  • Idris Sekolah Tinggi Teknologi Nusantara Lampung
  • Taufik Rahman Sekolah Tinggi Teknologi Nusantara Lampung

Keywords:

antrian, kelapa sawit, waktu menunggu

Abstract

Banyak antrian disaat penerimaan bahan baku kelapa sawit menyebabkan para supir merasa tidak nyaman sehingga dibutuhkan suatu sistem antrian atau model untuk menangani masalah antrian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kasus adalah penelitian dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap objek suatu organisme, lembaga atau gejala – gejala tertentu yang diteliti. Adapun kasus yang dibahas mengenai kebijakan system antrian kendaraan pengangkut kelapa sawit untuk kelancaran produksi pada PT. Sumber Indah Perkasa.

Analisis model antrian yang cocok untuk sistem antrian yang digunakan pada PT. Sumber Indah Perkasa adalah model Multi Channel – Single Phase. Dari hasil penelitian menunjukkan nilai dari rata-rata truk pengangkut sawit  dalam  antrian  (????????)   adalah  0.0350,  sedangkan  jumlah  rata-rata  truk pengangkut sawit dalam sistem (????????) adalah,0.0175. Adapun waktu menunggu rata-rata truk pengangkut sawit dalam antrian (????????) adalah 1,05 menit dan waktu menunggu rata-rata truk pengangkut sawit dalam sistem (????????) adalah 0,5 menit dan sistem antrian dapat dikatakan optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminuddin. 2005. Prinsip-prinsip Riset Operasi. Jakarta : Erlangga.

Anisa Siti dkk. 2015. Analisis Sistem Antrian dalam Optimalisasi sistem pelayanan kereta Api Purwosari dan solo balapan. Jurnal Gaussian Vol.4, No.3

Arif Tiro, Muhammad dkk. 2008. Pengantar Teori Peluang. Makassar : Andira Publisher. Bain, L, & Engelhardt. (1992). Introduction to Probability and Mathematical Statistics. California: Wadsworth Publishing Company.

Bunday, B. D. (1996). An Introduction to Queuing Theory. New York: John Wiley & Sons. Djauhari Maman. 1997. Statistik Matematika. Bandung : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB.

Heizer Jay dan Render Bary. 2005. Manajemen Operasi. Jakarta : Salemba Empat.

Irnas Friska Adiyani, dkk. 2013. AnalisisModel Jumlah Kedatangan dan Waktu Pelayanan pada Kasus TPPRI RSUP Dr. Kariadi Semarang.

Muljon T Pudjo. 2003. Manajemen Perbankan. Yogyakarta : BPFE.

P Richy dkk. 2012. Analisis Antrian Bus Kota Di Terminal Induk Purabaya Surabaya”.

Jurnal Gaussian Vol.1, No. 1.

Rangkuti Aidawayati. 2013. Model Riset Operasi dan Aplikasinya. Surabaya : Brilian Internasional.

Sinalungga. 2008. Pengantar Teknik Industri. Yogyakarta : Graha Ilmu. Siswanto. 2007.

Operations Research Jilid II. Jakarta : Erlangga.

Varberg, D, & Purcell, E. J. (2001). Kalkulus Jilid I. (Terjemahan I Nyoman Susila). Batam: Interaraksa.

Wospakrik. 1996. Teori dan Soal-soal Operation Research. Bandung : Erlangga.

Downloads

Published

2022-09-16

How to Cite

Cendikiawan, M. I., Idris, & Rahman, T. (2022). PENERAPAN MODEL ANTRIAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PELAYANAN DI PT. SUMBER INDAH PERKASA. Journal of Management and Industrial Engineering (JMIE), 1(1), 47–57. Retrieved from https://jurnal.sttnlampung.ac.id/index.php/jmie/article/view/5