ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. INDOMARCO PRISMATAMA
Keywords:
Kualitas, Pelayanan, Kepuasan, PelangganAbstract
Kepuasan pelanggan tergantung pada kualitas pelayanan yang melayaninya,didalam hal ini PT.Indomarco Prismatama lebih meningkatkan strategi dengan baik dalam sistem pelayanan maupun penyajian agar konsumen tidak berpaling ke yang lain. Berdasarkan pada latar belakang masalah, maka tujuannya adalah pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di PT.Indomarco Prismatama.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode explanatory dengan menggunakan analisis regresi sederhana.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh t hitung sebesar 24,040 dan t tabel 2,009 pada taraf signifikan 5% dan ini menyatakan bahwa pelayanan petugas PT.Indomarco Prismatama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,923 menunjukan tingkat keeratan hubungan antar variabel sangat kuat persentase pencapaian pelayanan adalah 60% dan nilai tersebut dalam kategori baik.
Pelayanan petugas PT.Indomarco Prismatama berpengaruh positif dan signifikan terhadap penataan kepuasan pelanggan,dimana t hitung yang dicapai lebih besar dari t tabel. Hubungan kedua variabel sangat kuat dan persentase pencapaian pelayanan petugas PT.Indomarco Prismatama dalam kategori baik.
Downloads
References
Arikunto,Suharsimi,2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Rieneka Cipta,Jakarta.
Hasibuan,2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara,Jakarta. James.A,F.Stoner,1998. Sistem Manajemen Kinerja. PT.Gramedia Pustaka Umum, Jakarta. JR.Pichter,1987. Organizational Psycology.A Scientist Practitioner Approach. John Welay and Sons,New York.
Kartono,Kartini,1985. Ilmu Komunikasi. PT.GramediaPustaka Umum,Jakarta.
Mulyana,Deddy,M.A.,Ph.D,2015. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bumi Aksara, Jakarta. Prijodarminto,1994. Kinerja dan Organisasi. Gramedia,Jakarta.
Purwodarminta,1987. Psikologi Kerja. PT.Rieneka Cipta,Jakarta. R.Tery Giorge 2006. Sistem Manajemen Kinerja. Grafindo,Jakarta. S.Pamuji,Drs,MPA,1982. Perilaku Dalam Organisasi. Erlangga,Jakarta. Siagian,1990. Kepemimpinan Dalam Organisasi. Grafindo,Jakarta. Stewart,1985. Teori Organisasi. PT.Indeks Kelompok Gramedia,Jakarta. Sugiyono,2004. Metodologi Penelitian Bisnis. Alfabeta,Bandung. Sukaji,2000. Perilaku Organisasi. Alfabeta,Bandung.
Supangat,Andi,2008. Statistika Dalam Kajian Dekritif,Inferensi dan Non Parametik. Kencana Prenoda Media Group,Jakarta.
Sutarto,Drs.1984. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Kebijakan. LP3ES, Jakarta. Thoha,1998. Teori Organisasi Struktur,desain,dan Aplikasi. Arcen,Jakarta.
Umar,Husein,2004. Riset Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Gramedia
Pustaka Umum,Jakarta.
Uyanto,2006. Metode Penelitian. Bumi Aksara,Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Feti Arman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.