EFEK NILAI EMOSIONAL DAN NILAI FUNGSIONAL DALAM MENDORONG PENINGKATAN LOYALITAS KONSUMEN
Keywords:
Nilai Fungsional, Nilai Emosional, Loyalitas diri, Loyalitas KonsumenAbstract
Studi mengenai nilai fungsional dan nilai emosional pada loyalitas konsumen adalah studi yang terus mendapatkan sorotan. Akan tetapi terdapat kontra terkait hubungan tersebut sehingga studi mengenai loyalitas konsumen dipertanyakan dengan penemuan dalam objek penelitian tentang penurunan penjualan. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan efek nilai emosional dan nilai fungsional yang diyakini dapat mendorong peningkatan loyalitas konsumen pada suatu produk, organisasi atau perushaan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian (eplonatory research, dan menggunakan teknik observasi, kuisioner/angket dan dokumentasi.
Objek penelitian pada toko Aisyah Husna. Populasi seluruh konsumen Wardah Toko Aisya Husna Braja Harjosari, Provinsi Lampung, Indonesia . Pengambilan sampel pada penelitian ini metode pengambilan sampel 100 respondendenganmetode pengambilan sampling Non Probability Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh terbesar adalah pada variabel nilai fungsional, sedangkan pengaruh terkecil adalah variabel nilai emosional terhadap niat pembelian. Secara keseluruhan efek dari kedua variabel tersebut sangat berpengaruh, akan tetapi tingat presentasenya sangat rendah yang dimana pada hal ini variabel loyalitas konsumen banyak dipengaruhi oleh variabel lainnya.
Downloads
References
Andi 2015, Jurnal penelitian Pengaruh Harga, Promosi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen : Yogyakarta http//eprints.mercubuana-yogya.ac.id
Arikunto, Suharsimi. 2012 Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Edisi Ke Tiga. PT Rinaka Cipta
Azwar, S., & Ridho, A. (2013).Abilitas komposit dalam tes potensi. Jurnal Psikologi, 40(2), 127-142.
Babonneau, D., Jaouen, M., Denanot, M. F., Guérin, P., & Petroff, F. (2003).Nanostructure and magnetic properties of BN-encapsulated Fe (B) and Fe 2 N nanoparticles prepared by dual ion-beam sputtering.Applied physics letters, 82(18), 3056-3058.
Baskara, B. (2018). Analisis Pengaruh Nilai Fungsional, Nilai Emosional Dan Nilai Sosial Terhadap Loyalitas Konsumen Motor Yamaha Vixion (Studi Pada Yamaha Vixion Club Indonesia) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Bradberry, T., & Greaves, J. (2007).Emotional intelligence appraisal multi-rater edition.
Chin, C., & Osborne, J. (2008). Students' questions: a potential resource for teaching and learning science. Studies in science education, 44(1), 1-39.
Fitriani, F. (2018). Pengaruh Nilai Fungsional Dan Nilai Emosional Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Lp3 Gmc Poso (Doctoral Dissertation, Universitas Sintuwu Maroso).
Gasperz, V. (1997).Manajemen Bisnis Total.PT. Gramedia Jakarta.
Ghozali, Imam. 2011. Analisis Aplikasi Multivariate Dengan Program Spss. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponogoro
Gibson, C. H., & Boyer, P. A. (2013).Financial statement analysis.
Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence (EQ). Journal of K, 6, 71-77.
Greaves, G. N., & Sen, S. (2007). Inorganic glasses, glass-forming liquids and amorphizing solids. Advances in physics, 56(1), 1-166
Griffin, Jill. (2003). Customer loyalty. Jakarta: Erlangga
Guérin, P., & Petroff, F. (2003).Nanostructure and magnetic properties of BN-encapsulated Fe (B) and Fe 2 N nanoparticles prepared by dual ion-beam sputtering.Applied physics letters, 82(18), 3056-3058
H. Handoko. (2012). Motivation And Consequence Of Individuals Involvement In Social Network Sites (A Study Of Social Computing Of Inter Collectivist-Individualist Cultural Value). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 27(2), 242-270.
Holbrook, M. B., & Schindler, R. M. (1994).Age, sex, and attitude toward the past as predictors of consumers’ aesthetic tastes for cultural products.Journal of Marketing research, 31(3), 412-422Indiriantoro, Nur & Supomo, Bambang 2008.Metodelogi Penelitian Bisnis,.Jakarta : BPFE.
Kotler dan amstrong (2012), ManajemenPemasaran di Indonesia, Buku I,Jakarta, Penerbit Salemba Empat
Kotler, philip, 1997 Manajemen Pemasaran, Jakarta : prenhallimdo.
Kotler, Philip, Keler, Kevin Lane. (2007) manajemen pemasaran edisi 12, Jakarta . Pt Indeks
Leung, L., & Wei, R. (2000). More than just talk on the move: Uses and gratifications of the cellular phone. Journalism & mass communication quarterly, 77(2), 308-320.
Lovelock, C. E., Wright, S. F., Clark, D. A., & Ruess, R. W. (2004). Soil stocks of glomalin produced by arbuscular mycorrhizal fungi across a tropical rain forest landscape. Journal of ecology, 278-287.
Lupiyoadi, R. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa: Jasa Teori dan Praktik. Edisi Pertama, Jakarta: Salemba Empat
Mader, T. F., & Mader, D. C. (1990).Understanding one another. Brown (William C.) Co., US.
Nugraini & ramdani (2016), Y., Nurdin, S., & Nurhasanah, N. Penerapan Teknik Modeling Simbolik Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Di MTsN Model Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 2(3)
Oesman, C., & Magdum, S. Pettorini, B. L., (2010). New presenting symptoms of Chiari I malformation: report of two cases.Child's Nervous System, 26(3), 399-402.
Park (2003).Efficient or enjoyable, consumer values of eating-out and fast food restaurant consumption. International jurnal of hospitality managemen
Riggio, R. E. (1986). Assessment of basic social skills.Journal of Personality and social Psychology, 51(3), 649.
Robbins, P. D. (2011). The roles of tumor-derived exosomes in cancer pathogenesis.Clinical and Developmental Immunology, 2011.
Siagian, S. P. (2004). Motivation theory and its application. Jakarta: Rineka Copyright.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Surahman, M. (2002).Peta genetika tanaman, prinsip dan aplikasinya.Jurnal Agronomi Indonesia (Indonesian Journal of Agronomy), 30(1).
Sweeney, J. C., & Soutar, G. N. (2001). Consumer perceived value: The development of a multiple item scale. Journal of retailing, 77(2), 203-220.
Thompson, T. E. (1990). Modulation of phospholipid acyl chain order by cholesterol.A solid-state deuterium nuclear magnetic resonance study.Biochemistry, 29(47), 10676-10
Tjiptono (2002) Dasar-dasar manajemen pemasaran,penerbit: Aneka Cipta Jakarta
Vanessa (20017:72) Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen pada Apotik Cha-cha Payageli Sunggal Deli Serdang
Chavez, C. I., & Weisinger, J. Y. (2008). Beyond diversity training: A social infusion for cultural inclusion. Human resource management: Published in cooperation with the school of business administration, the University of Michigan and in alliance with the Society of Human Resources Management, 47(2), 331-350.
Zoll dan enz 2012 .Yuliani, T., & Kristiawan, M. (2017).Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima) Tenaga Administrasi Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 122-132
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Evi Novitasari, Nabila Kharimah Vedy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.