ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. ASURANSI BRI LIFE WILAYAH BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Leny Rudihartati Sekolah Tinggi Teknologi Nusantara Lampung

Keywords:

Kualitas, Pelayanan, Kepuasan, Nasabah

Abstract

Kepuasan nasabah pada asuransi tergantung pada kualitas pelayanan yang melayaninya,didalam hal ini PT.Asuransi BRI Life lebih meningkatkan strategi dengan baik dalam sistem pelayanan agar konsumen tidak berpaling ke yang lain. 

Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalahnya adalah tentang pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di PT.Asuransi BRI Life Wilayah Bandar Lampung.

Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode explanatory dengan menggunakan analisis regresi sederhana.

Berdasarkan hasil perhitungan nilai koefisien determinasi sebesar 0,957 memberi kesimpulan bahwa keberhasilan kepuasan nasabah 96% dipengaruhi oleh kualitas pelayanan. Persentase pencapaian kualitas pelayanan dalam kepuasan nasabah diperoleh nilai 58,6% dan nilai tersebut memberi kesimpulan pencapaian kualitas pelayanan dalam kepuasan nasabah dalam kategori cukup baik.

Pelayanan petugas PT.Asuransi BRI Life berpengaruh positif dan signifikan terhadap penataan kepuasan nasabah,dimana t hitung yang dicapai lebih besar dari t tabel. Hubungan kedua variabel sangat kuat dan persentase pencapaian pelayanan petugas PT.Asuransi BRI Life dalam kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto,Suharsimi,2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Rieneka

Cipta,Jakarta.

Fandi Tjiptono,1995,Total Quality Management,Andi Offest,Yogyagkarta. Hasibuan,2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara,Jakarta.

Irawan, H. 2004. Indonesian Customer Satisfaction: Membedah Strategi. Kepuasan

Pelanggan Merek Pemenang ICSA. Jakarta.

James.A,F.Stoner,1998. Sistem Manajemen Kinerja. PT.Gramedia Pustaka Umum, Jakarta. JR.Pichter,1987. Organizational Psycology.A Scientist Practitioner Approach. John Welay and Sons,New York.

Kartono,Kartini,1985. Ilmu Komunikasi. PT.GramediaPustaka Umum,Jakarta. Mulyana,Deddy,M.A.,Ph.D,2015.Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bumi Aksara, Jakarta. Philip Kotler 1997,Marketing Management. Analysis, Planning, Implementation, And Control,Newjersey.

Prijodarminto,1994. Kinerja dan Organisasi. Gramedia,Jakarta. Purwodarminta,1987. Psikologi Kerja. PT.Rieneka Cipta,Jakarta. R.Tery Giorge 2006. Sistem Manajemen Kinerja. Grafindo,Jakarta. S.Pamuji,Drs,MPA,1982. Perilaku Dalam Organisasi. Erlangga,Jakarta. Siagian,1990. Kepemimpinan Dalam Organisasi. Grafindo,Jakarta.

Stewart,1985. Teori Organisasi. PT.Indeks Kelompok Gramedia,Jakarta. Sugiyono,2004. Metodologi Penelitian Bisnis. Alfabeta,Bandung. Sukaji,2000. Perilaku Organisasi. Alfabeta,Bandung.

Slamet D.S dan Ig.Tarkotjo (1980). Pusat Penelitian dan Pengembangan Nasabah Balai

Pustaka,Jakarta.

Supangat,Andi,2008. Statistika Dalam Kajian Dekritif,Inferensi dan Non

Parametik. Kencana Prenoda Media Group,Jakarta.

Sutarto,Drs.1984.Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Kebijakan. LP3ES,Jakarta. Thoha,1998. Teori Organisasi Struktur,desain,dan Aplikasi. Arcen,Jakarta. Umar,Husein,2004.Riset Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Gramedia Pustaka Umum,Jakarta.

Downloads

Published

2022-09-16

How to Cite

Rudihartati, L. (2022). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. ASURANSI BRI LIFE WILAYAH BANDAR LAMPUNG. Journal of Management and Industrial Engineering (JMIE), 1(1), 1–11. Retrieved from https://jurnal.sttnlampung.ac.id/index.php/jmie/article/view/1